Tujuan Wisata Islami Terkenal di Dunia (part 2)

Posted on Posted in Artikel

Disusun oleh : Febi Martawardaya (Fahmi)

Jabal Tsur – Jabal Nur – Jabal Rahmah – Muzdalifah – Mina – Masjid Nabawi – Raudah – Maqam Rasullah – Baqi – Museum Asmaul Husna – Museum Nabawi – Taman Bani Tsaqifah – Masjid Quba – Masjid Khondaq – Masjid Qiblatain – Jabal Uhud – Percetakan Al Quran – Kebun Kurma – Jabal Maghnet & Peternakan Onta + Balad Chornice & Masjid Apung, Masjid Qishos Jeddah.6. MASJID NABAWI

masjid nabawiMasjid Nabawi adalah Masjid ke 2 terbesar dan terindah setelah Masjidil Haram Mekkah yang memiliki keutamaan, dibangun oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya pada tahun 7 Hijriah dengan luas 30mx35m, kemudian perluasan dan pembangunan oleh beberapa khalifah dan dinasti, terakhir pada tahun 1372 Hijriah diperluas dan dibangun oleh Raja Fahd bin Abdul Aziz Al Saud luas bangunan 82000 m2 dan luas area 235000 m2 ditambahkan oleh Raja Abdullah bagian timur 30500 m2, memiliki khas payung sebanyak 250 payung, Alhamdulillah saat ini ada Kajian Rutin Ilmiah berbahasa Indonesia di pintu al badr no 19B setiap ba’da maghrib oleh putra bangsa yang berprestasi Ust. Firanda Andirja, MA & Ust. Abdullah Roy, MA (mahasiswa S3 Universitas Islam Madinah).

Keutamaan Masjid Nabawidalam hadits disebutkan,

“Tidak boleh bersengaja melakukan perjalanan (dalam rangka ibadah ke suatu tempat)- kecuali ke tiga masjid: Masjidil Haram, masjid Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam– dan masjidil Aqsho” (HR. Bukhari & Muslim)

“ Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

7. RAUDHAH

raudhahRaudhah artinya taman terletak didalam Masjid Nabawi, dalam sebuah hadits disebutkan,

“Antara rumahku dan mimbarku terdapat taman di antara taman surga.” (HR. Bukhari & Muslim)

Syaikh Abdullah bin Jibrin rahimahullah juga mengatakan: “Raudhah adalah tempat dekat mimbar Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam berkhutbah. Sebaimana dalam hadits yang disebutkan raudhah ini termasuk dalam taman-taman surga. Oleh karena itu disukai shalat fardhu atau shalat sunnah. Begitu juga disukai i’tikaf atau duduk untuk berdzikir atau membaca Al Qur’an, mendapatkan pahala berlipat ganda (http://ar.islamway.net/fatwa/26461).

 

8. Makam Rasulullah, Abu Bakar & Umar bin Khattab

makam nabiDi Makam Rasulullah membaca “As-Salamu ‘Alaika Ayyuha Nabi wa Rohmatullahi wa Barokatuhu” kemudian sebelahnya Abu Bakar “As-Salamu Alaika Ya Aba Bakr” kemudian makam Umar bin Khothob seraya mengatakan: “As-Salamu Alaika Ya Umar”.

Tidak diperkenankan meminta syafaat, ampunan, doa meminta sesuatu kepada kuburan, mengusap, mencium karena tidak diajarkan oleh Nabi kita.

 

9. PEMAKAMAN BAQI

baqiJannatul Baqi adalah pemakaman utama kota Madinah terletak disamping Masjid Nabawi, terdapat 10.000 sahabat Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam dan Istri-Istri (Aisyah, Hafsah dan Saudah) serta anak-anak (Fatimah, Ruqayyah, Zainab, Ummu Kultsum, Ibrahim), cucu beliau Hasan bin Ali, Sahabat terkenal Utsman bin Affan, Saad bin Abi Waqqas, Abdurrahman bin Auf, Abdullah bin Mas’ud. Jamaah Haji dan Umrah pun dikuburkan dibaqi.

 “Nabi pernah keluar ke Baqi’, lalu beliau mendo’akan mereka. Maka ‘Aisyah menanyakan hal tersebut kepada beliau. Lalu beliau menjawab : “Sesungguhnya aku diperintahkan untuk mendo’akan mereka”(HR. Ahmad).

Hikmah disyari’atkannya ziarah kubur adalah untuk mengambil pelajaran dan mengingat akhirat, bukan untuk tabarruk kepada mayit meskipun dia dahulu orang sholeh. Syaikh Shalih Al Fauzan hafizhahullah mengatakan : “(Hendaknya) tujuan ziarahnya adalah untuk mengambil pelajaran, nasihat, dan mendo’akan mayit. Jika tujuannya adalah untuk tabarruk (mencari keberkahan) dengan kubur,  atau melakukan ritual penyembelihan di sana, dan meminta mayit untuk memenuhi kebutuhannya dan mengeluarkannya dari kesulitan, maka ini ziarah yang bid’ah lagi syirik” (https://muslim.or.id/7803-adab-islami-ziarah-kubur.html)

 

10. TAMAN SAQIFAH BANI SAIDAH

taman saqifahSaqifah milik Bani Saidah terletak disebelah barat Masjid Nabawi adalah tempat bersejarah sepeninggalnya Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wasallam, Kaum Anshar dan Muhajirin bermusyawarah dalam menentukan peganti Khalifah, maka sepakat diputuskanlah Abu Bakar Ashiddiq rodiyallah anhu sebagai Khalifah dan kaum muslimin berbaiat, kisah ini dicatat oleh Imam Bukhari, “Diriwayatkan bahwa Umar berkata pada sahabat Anshar, “Wahai kaum Anshar, bukankah kalian tahu bahwa Rasulullah memerintahan Abu Bakar mengimami shalat? Siapakah diantara kalian yang rela mendahului Abu Bakar?” Orang-rang anshar berkata, “Kami berlindung kepada Allah dari mendahului Abu Bakar.” Kemudian Umar bergegas dan berkata kepada Abu Bakar “Bentangkanlah tanganmu.’ Abu Bakar pun membentangkan tangannya. Kemudian Umar membaiat Abu Bakar lalu diikuti oleh kaum muhajirin dan anshar.”(HR. Bukhari).

 

11. MUSEUM ASMAUL HUSNA & MUSEUM NABAWI

museum asmaul husna2 Museum yang terletak samping barat Masjid Nabawi menarik untuk dikunjungi mendapatkan ilmu pengatahuan dan mentadabburi tentang nama-nama Allah dan sejarah perjalanan Nabi dari Hijrah hingga Wafat sehingga sangat bagus dikunjungi sebelum kita ziyarah sekitar kota Madinah yang banyak mengandung sejarah.

12 .MASJID QUBA

masjid qubaMasjid Quba terletak di tenggara kota Madinah, selain memiliki sejarah juga memiliki keutamaan bahkan Allah azza wa jalla memuji masjid ini dalam Al Quran “Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) beribadah di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri…….(At Taubah, 108).

“Dahulu Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mendatangi Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendaraan kemudian Beliau Shallallahu alaihi wa sallam shalat dua rekaat.(HR. Bukhari & Muslim)

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba’, kemudian dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan seperti pahala umrah (HR. Ibnu Majah)

 

13. MASJID QIBLATAIN

masjid qiblatainMasjid Qiblatain atau Masjid Bani Salamah yang dibangun diatas tanah Bani Salamah adalah masjid bersejarah pindahnya kiblat kaum muslimin dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram atas perintah Allah azza wa jalla dalam surat Al Baqarah 144,

Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Alkitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.

Kejadian ini terjadi pada saat Rasulullah mengimami para sahabatnya pada tahun ke 2 hijriah.

 

14. MASJID KHANDAQ

masjid khandaqMasjid ini dibangun dilokasi terjadinya perang khandaq yang terkenal dengan strategi parit ide dari sahabat Nabi shallalahu alaihi wa salam yang bernama Salman Al Farisi berasal dari persia, atau perang ini juga dikenal dengan perang ahzab yang artinya berbagai kelompok dengan berseketunya qabilah-qabilah kafir quraisy dan qabilah-qabilah yahudi berjumlah sekitar 10 ribu pasukan dipimpin oleh Abu Sufyan. Perang khandaq terjadi pada tahun ke 5 H dibulan syawal.

15. JABAL UHUD

jabal uhud“Uhud adalah gunung yang mencintai kami dan kamipun mencintainya”.(HR. Bukhari & Muslim),

Ketika Rasulullah SAW bersama Abu Bakar, Umar dan Utsman mendaki gunung ini, tiba-tiba gunung ini bergerak. Rasulullah SAW berkata kepada Uhud: “Tenanglah wahai Uhud, sesungguhnya di atasmu ada seorang Nabi, seorang sahabatnya dan dua orang syuhada”. (HR. Bukhari & Muslim)

 subhanallah sepantasnya kita iri dengan gunung ini yang mana Rasulullah dan para sahabatnya mencintainya, Gunung Uhud tidak lepas dari sejarah perang uhud dimana kaum kafir quraisy balas dendam atas kekalahannya di perang badar dengan 3000 pasukan gabungan bani kinanah dan penduduk tuhamah dan kaum muslimin 200 pasukan berkuda dan 700 pasukan bertameng serta 50 pasukan pemanah, dalam perang ini kaum muslimin sempat menang namun kafir quraisy membalikan keadaan ketika pasukan pemanah sebagian turun dari bukit dan Khalid bin Walid sebagai jenderal pasukan berkuda kafir quraisy memanfaatkan situasi tersebut, kisah perang uhud sangat banyak hikmah didalamnya adapun yang syahid pada perang ini adalah, Hamzah bin Abdul Mutholib, Abdullah bin Jahsi, Mush’ab bin Umair, dan tercatat 65 sahabat.

 

16. PERCETAKAN AL QUR’AN MALIK FAHD

percetakan al quranMujamma’ al-Mālik Fahd lithibā’ati al-Mushaf asy-Syarīf) adalah pabrik percetakan Al-Qur’an yang terbesar di dunia, yang terletak di Madinah, yang mencetak Al-Qur’an dan terjemahannya ke berbagai bahasa. Percetakan ini merupakan salah satu upaya pemerintah Arab Saudi untuk membantu agama islam dan kaum muslim di seluruh dunia. Raja Fahd bin Abdul Aziz telah meletakkan batu pertama pembangunan komplek percetakan pada tahun 1403 Hijriah dan membuka secara resmi pada tahun 1405 Hijriah.

Percetakan ini telah memproduksi rata-rata 10 juta kopi Al-Qur’an per tahunnya, dan mendistribusikannya ke seluruh benua, dan juga mencetak lebih dari 160 terjemah sejumlah 193 juta kopi. Selain itu, juga terdapat studi dan penelitian yang berlanjut untuk membantu percetakan al-Qur’an dan al-Hadits dan terus menggunakan teknik percetakan yang paling modern. Setiap tahunnya komplek percetakan ini dikunjungi oleh 400 ribu pengunjung. Sampai saat ini, komplek percetakan ini sudah mencetak 264 juta cetakan (al-Qur’an, terjemah, buku-buku islam dan sebagainya) sejak dibukanya percetakan ini.(wikipedia)