Tahapan Membuat Paspor Secara Online di Imigrasi Bekasi (2)

Posted on Posted in Artikel

Bismillah..

Lanjut lagi, setelah Anda menentukan hari, tanggal & jam kedatangan serta mencetak bukti antrian online, maka datanglah tepat waktu (sesuai jam yang Anda tentukan) atau setengah jam sebelumnya (pengalaman Admin, setengah jam sebelumnya sudah bisa registrasi untuk konfirmasi pendaftaran online). Akan ada petugas di pintu gerbang Imigrasi yang menanyakan bukti cetak antrian online. Berikanlah bukti cetak antrian online kepada petugas tersebut, selanjutnya petugas akan men-scan barcode-nya, nanti akan keluar nomor antrian yang sesungguhnya.

Tahap selanjutnya; pemeriksaan berkas.

Setelah mendapatkan nomor antrian, masuklah ke dalam gedung kantor Imigrasi. Petugas akan memanggil sesuai nomor urut antrian. Siapkanlah berkas-berkas yang diperlukan, yg asli dan fotokopi; KTP (fotokopi diperbesar ukuran setengah kertas A4, tidak digunting kertasnya – utuh A4), KK (Kartu Keluarga), Buku Nikah (fotokopi lembar pengesahan di kertas A4, tidak perlu digunting) atau Akte Kelahiran atau Ijazah, Surat Rekomendasi Penerbitan Paspor dari Kemenag dan Surat Rekomendasi Paspor dari Travel. Tunjukkan berkas-berkas tersebut kepada petugas, setelah itu petugas akan memberikan formulir untuk diisi pemohon paspor. Oia, dibutuhkan juga materai 1 lembar (bagi yang namanya sudah 3 kata, contoh: Abdullah Almubaarok Abdulmajid) dan 2 lembar bagi yang namanya kurang dari 3 kata (untuk surat pernyataan tambah nama).

Setelah selesai mengisi formulir, kembalikan ke petugas. Petugas akan memberikan nomor antrian untuk tahap selanjutnya; foto dan wawancara.

Tahap selanjutnya; foto dan wawancara.

Setelah nomor antrian Anda dipanggil, masuklah ke dalam ruangan untuk foto dan wawancara. Bicaralah apa adanya. Petugas wawancara biasanya akan bertanya ada keperluan apa Anda pergi ke luar negeri, berapa lama disana, dan sebagainya. Jawablah dengan jujur dan rileks. Petugas akan menolak permohonan paspor apabila dicurigai Anda hendak bekerja secara illegal ke luar negeri. Setelah proses foto dan wawancara selesai dan permohonan paspor Anda dikabulkan, tahapan selanjutnya tinggal melakukan pembayaran.

Tahap selanjutnya; pembayaran.

Setelah selesai semua tahapan, yang terakhir adalah pembayaran. Pihak Imigrasi Kelas II Bekasi telah terintegrasi dengan PT. Pos Indonesia dan telah menyediakan sebuah mobil PT. Pos di parkiran untuk melayani pembayaran bagi yang membawa uang tunai. Juga diberikan pilihan mengirimkan langsung ke alamat rumah paspor yang sudah jadi, jadi Anda tidak perlu repot-repot kembali lagi ke kantor Imigrasi hanya untuk mengambil paspor, cukup tunggu di rumah saja.

Demikianlah tahapan-tahapan membuat paspor secara online di Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi. Oia, estimasi waktu dari mulai kedatangan sampai selesai kira-kira 1 sampai 1 setengah jam. Semoga bermanfaat. [BAM]