BEBERAPA PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT UMRAH (BAGIAN KE 3 “TERAKHIR”)

Posted on Posted in Artikel

BEBERAPA PERSIAPAN SEBELUM BERANGKAT UMRAH (BAGIAN KE 3 “TERAKHIR”)

❤ 28 Desember 2016 ❤

✈ Pada bagian pertama & kedua sdh jelaskan beberapa persiapan sebelum melakukan perjalanan safar(khususnya umrah) yaitu : ikhlash, taubat an nashuha, sabar, menunaikan hutang & amanah, berwasiat kepada keluarga, dan selanjutnya kita simak bagian yg ketiga….


Perbanyak hadir dimajlis ilmu dan pelajari dengan baik fiqih umroh.

Ketahuilah saudaraku bahwa wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari bagaimana ia beribadah kepada Allah, wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari cara sholat, puasa, zakat dan lain sebagainya.

Hendaknya dia berilmu terlebih dahulu sebelum berkata dan berbuat.
Begitu juga ketika datang panggilan untuk melakukan umroh maka wajib bagi setiap muslim mempelajari fiqih umroh sebagaimana yang di contohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, karena syarat dierimanya amal ada 2 *yang pertama ikhlas dan kedua di lakukan sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam*

Saudara ku…
Penting bagi kita untuk memperhatikan hal ini, karena *Ibadah yang dilakukan tidak sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam tidak akan diterima walaupun dilakukan dengan niat yang ikhlas, begitu juga kebalikannya, kedua-duanya harus ada dalam setiap ibadah yang kita lakukan.*

Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :
«إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِىءٍ مَا نَوَى»
“sesungguhnya amalan itu tergantung dari niatnya dan setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan” ((di keluarkan imam Bukhari dan Muslim)

Beliau Shallallahu alaihi wa sallam juga bersabda :
«مَنْ عَمِلَ عَمَلا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ»
“Barangsiapa melakukan sebuah amalan yang tidak ada perintahnya dari kami maka ia tertolak” (hadits riwayat Muslim (1718).

Memilih teman Safar yang sholih.

Teman safar yang sholih adalah sebaik-baiknya teman dalam safar, ia akan mengingatkan kita manakala kita lupa, memberikan nasehat saat kita lalai, membantu kita saat kita butuh bantuan, bersabar menghadapi sikap kita yang terkadang emosional.

Dan yang lebih baik adalah manakala teman safar itu mempunyai kelebihan ilmu daripada kita, khususnya ilmu tentang ibadah umroh yang kita lakukan, ketika kita mendapati permasalahan dalam ibadah ‘umroh kita bisa bertanya kepadanya.

Maka hendaknya kita memilih teman yang sholih atau seorang ahli ilmu yang menemani kita saat melaksanakan ibadah umroh, sehingga kita bisa berharap besar, Agar Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan umroh kita menjadi ibadah yang diterima oleh-Nya.

Milikilah buku doa dan zikir yang ringkas.

Selama kita melaksanakan safar dan ibadah umroh kita dianjurkan untuk membaca doa dan dzikir-dzikir tertentu dalam berbagai kesempataan, baik saat naik atau turun dari kendaran, masuk dan keluar masjid, saat memulai umroh, talbiyah, saat thawaf, sa’i, dan lain sebagainya.

Alangkah baiknya jika dari awal kita telah mempersiapkan diri untuk membawa buku-buku yang menjelaskan doa dan dzikir yang diajarkan Nabi Shallallahu alaihi wa sallam.

Dan alhamdulillah buku-buku tersebut cukup banyak dan bisa ditemukan dengan mudah di toko buku terdekat, di antara buku yang kami rekomendasikan adalah buku doa dan dzikir karya guru kami fadhilatul ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawwas hafidzhullahu Ta’ala.

Pihak travel sendiri *“Pro in Travel Bekasi”* sedang mempersiapkan buku panduan umroh yang mudah dan ringkas, penulis buku akan menyebutkan beberapa doa dan dzikir yang penting untuk di baca jamaah di berbagai kondisi, semuanya akan jama’ah temukan bertebaran di sela-sela pembahasan fiqih umroh dan di bagian akhir buku ini in syaa Allah.

Usahakan umroh dibulan Ramadhan.

❤ Jama’ah sekaliaan yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala, ketahuilah bahwa *’umroh di bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang besar,*

❤Nabi Shallallaahu alaihi wa sallam pernah bersabda :
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا- أَنَّ رَسُوْلَ الله – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – قَالَ: “عُمْرَةٌ فِي رَمَضَانَ تَقْضِي حَجَّةً مَعِي”
Dari Ibnu Abbas semoga Allah meridhoi keduanya, bahwasanya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda : *“ Umroh di bulan Ramadhan sebanding dengan haji bersamaku”.*
(hadits riwayat Bukhari (1863) dan Muslim (1256))

❤Maka usahakanlah manakala Allah mudahkan kita untuk umroh hendaknya memilih bulan Ramadhan sebagai targetnya, dengan demikian kita akan mendapatkan pahala yang besar in syaa Allah.

❤ Demikianlah materi persiapan ‘umrah, semiga kita bisa mempersiapkannya dari sekarang.
❤ semoga bermanfaat❤

Selanjutnya akan diisi materi ttg Fiqh  umrah

selesai Hamzah Abbas Lc.